Selasa, 29 Mei 2012

Tips memilih gitar yang baik dan tepat untuk pemula

Belajar gitar akustik membutuhkan kesabaran dan semangat. Banyak orang menyerah karena mudah frustrasi, tapi tidak ada pembelajaran berharga yang mudah. Ingat, jika bermain gitar itu begitu sederhana, tidak akan ada yang berdiri dengan alasan bahwa setiap orang bisa melakukannya?

Inilah sebabnya mengapa pemain gitar dikagumi oleh banyak orang, dan kamu dapat menjadi salah satu dari mereka, jika kamu bersedia untuk berusaha dan mendedikasikan diri. Jika kamu bersedia mengambil tantangan bermain gitar akustik, kamu akan mendapat kepuasan seumur hidup.

Membeli sebuah gitar akustik tidak bisa terburu-buru. Sama seperti bermain gitar membutuhkan kesabaran, begitu juga menemukan gitar yang tepat. Jika kamu memiliki gitar yang jelek, pengalaman bermainmu akan mengenaskan, dan membuat kamu akan  berhenti bermain untuk selamanya.
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenalkan gitar kep ada diri sendiri. Ada dua macam gitar akustik, yang terbuat dari string nilon (klasik) dan baja string akustik. Gitar klasik akan menghasilkan suara tumpul saat bermain, dan sebaliknya, gitar string baja akan terdengar lebih metalik dalam suara. Sekali lagi, ini adalah pilihan pribadi yang mana yang kamu pilih, dan tidak ada pilihan benar atau salah.

Mungkin pertimbangan paling besar adalah ukuran gitar. Tergantung pada ukuran lengan dan tangan, kamu akan menginginkan sesuatu yang kecil untuk ukuran tubuh besar. Tentu saja masing-masing akan memiliki suara sendiri yang berbeda, tetapi lebih penting bahwa  kamu memilih gaya tubuh yang cocok untuk bermain dengan nyaman.

Ketika membeli gitar,  merupakan ide baik yang diingat bahwa kualitas akan berbeda tergantung pada pembuatan dan merek gitar. Dua merek terkenal yang bisa kamu pertimbangkan adalah Fender dan Martin. Tapi tentu saja, ada produsen lain kualitas tinggi di luar sana. Jadi pastikan untuk mengajukan banyak pertanyaan dan melakukan observasi  sebelum melakukan pembelian. Selalu melakukan melakukan pencarian agar kau tidak membuang-buang uang.

Pada akhirnya, kamu dapat menemukan gitar akustik yang layak dengan harga di bawah 1.000.000, namun perlu diingat kualitasnya bukan kualitas tinggi. Tapi kamu  bisa membeli yang lebih baik di kemudian hari jika  telah membuktikan kepada diri sendiri bahwa kamu benar-benar konsisten.